rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Rabu, 01 Januari 2014

Shalat Tahajjud dan Faedahnya

Alhamdulillah,  mengawali tahun baru 2014 ini saya mencoba untuk memberikan sedikit pengetahuan tentang keutamaan dan faedah shalat Tahajjud yang mungkin jarang kita amalkan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua dan ada niat untuk amalkan dan sampaikan, insya Allah.

Shalat Tahajjud adalah shalat malam yang dilaksanakan setelah bangun tidur, afdalnya dibuat secara bersendirian waktu selepas tengah malam. Shalat sunat ini amat dituntut dan sangat baik dilakukan sebagai ibadah tambahan. Rasulullah SAW dan para sahabat tidak meninggalkan shalat ini sepanjang hayat mereka.
Firman Allah SWT.:
17:79
 “Dan pada sebahagian malam hari bershalat Tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadat tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” 
(Surah Isra’; ayat 79)
.
Rasulullah SAW bersabda:  “Kerjakanlah shalat malam sebab itu adalah kebiasaan orang solihin sebelum kamu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhanmu, juga sebagai penebus segala amalan buruk, pencegah dari perbuatan dosa dan dapat menghalangi penyakit dari badan.”   (Riwayat Tirmizi dan Ahmad r.a.)

1. TUJUAN SHALAT TAHAJJUD
a. Sebagai petanda perhambaan kepada Allah SWT.
b. Mendekatkan seorang hamba dengan Penciptanya
c. Tanda kesyukuran manusia di atas nikmat kurniaan Allah SWT.
d. Menguatkan jiwa dan ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT.
e. Mendapatkan ketenangan dalam menghadapi cabaran dan dugaan hidup.
2. KELEBIHAN  SHALAT TAHAJJUD.
       a. Tahajjud adalah shalat sunat yang paling afdal.
       b. Doa dimakbulkan Allah.
       c. Memperolehi ketenangan jiwa.
       d. Merasa dekat dengan Allah SWT.
       e. Diberikan keistimewaan oleh Allah SWT.
       f. Memperoleh pertolongan dan rahmat Allah.
       g. Menghilangkan gangguan dan godaan syaitan.
       h. Diampuni dosa dan dihindarkan dari penyakit.
        i. Menjadi lebih berdisiplin dalam melakukan tugas.
        j. Dimudahkan Allah SWT dalam memperoleh ilmu.
       k. Dikeluarkan dari golongan orang yang lalai.
        l. Dihormati masyarakat dan dijauhi daripada hasad dengki manusia.
      m. Allah SWT memberikan kemudahan dalam memperoleh rezeki.
       n. Orang yang shalat Tahajud menjadi kesayangan Allah SWT.
       o. Diberi keistimewaan yang orang lain tidak peroleh.
       p. Mendapat kemuliaan Allah SWT di dunia dan akhirat.
       q. Meninggikan martabat seorang hamba di sisi Allah Azza Wa Jalla.
       r. Memudahkan hisab di akhirat dan melintasi Titian Siratal-Mustaqim.

 
3. WAKTU SHALAT TAHAJJUD YANG MUSTAJAB
Waktu-waktu shalat tahajud yang mustajab terbagi atas tiga waktu yaitu sepertiga pertama, kedua, dan ketiga. Disini akan kita bahas bersama-sama mengenai  waktu-waktu shalat tahajud tersebut.
Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dilaksanakan pada waktu malam hari. Jumlah rakaat yang dikerjakan saatshalat  tahajud adalah paling sedikit dua rakaan dan paling banyak tidak terbatas jumlahnya. Waktu shalat tahajud sendiri dimulai ketika setelah sholat isya hingga terbitnya fajar (sholat subuh).
Shalat tahajud dilakukan setelah melakukan tidur (hingga hilang sadar) terlebih dahulu, kemudian melaksanakan shalat di waktu-waktu shalat tahajud yang telah disebutkan di atas dengan masing-masing dua rakaat dan akan lebih utama jika ditutup dengan sholat witir dengan jumlah rakaat yang ganjil seperti 1,3,5, dst.
Waktu-waktu shalat tahajud terbagi atas tiga waktu yang utama. Berikut adalah waktu-waktu shalat tahajud:

a. Sepertiga Malam yang Pertama (19.00-22.00)
Waktu
shalat tahajud ini dilaksanakan kira-kira mulai dari pukul 19.00 sampai pukul 22.00. Waktu shalat yang pertama ini termasuk dalam waktu yang utama untuk memanjatkan doa kepada Allah Ta’Ala.

b. Sepertiga Malam yang Kedua (22.00-01.00)
Waktu
shalat tahajud ini termasuk dalam waktu shalat yang lebih diutamakan dibandingan sepertiga malam yang pertama. Waktu shalat tahajud pada sepertiga malam kedua kira-kira dimulai sejak pukul 22.00 hingga pukul 01.00 dini hari.

c. Sepertiga Malam yang Ketiga (01.00- waktu subuh)
Waktu
shalat tahajud yang terakhir ini menjadi waktu yang paling utama dibandingkan waktu-waktu shalat tahajud lainnya. Waktunya adalah dimulai kira-kira sejak pukul 01.00 hingga masuk waktu shalat subuh. Pada waktu shalat tahajud sepertiga malam yang ketiga ini, menjadi waktu yang sangat mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Doa-doa tersebut akan didengarkan langsung oleh para malaikat yang diturunkan oleh Allah ke bumi dan akan segera menyampaikan doa-doa manusia di waktu-waktu sholat yang mustajab kepada Allah.

Dengan mengetahui waktu-waktu shalat yang utama dalam shalat tahajud, tentu kita semua akan lebih meningkatkan ketakwaan serta keimanan kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya di waktu-waktu yang tidak banyak orang memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar