rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Minggu, 04 Maret 2012

Membuka file PDF terproteksi (secured)

Terkadang dalam mencari referensi, contohnya dalam bentuk file pdf sering dijumpai  file yang di proteksi oleh penulisnya. Akibatnya kita hanya bisa bengong melihat isi pdf tersebut tanpa bisa berbuat apa-apa. Yang lebih parah ketika file tersebut  tidak bisa di print atau di copy sama sekali. Kalau kita mencermati sebenarnya akan ada tulisan “SECURE” setelah nama filenya dan hanya bisa dibuka pada adobe reader atau pdf viewer lainnya; itu tanda bahwa file pdf itu diproteksi untuk beberapa hal. Proteksi itu biasanya untuk mencegah edit tulisan dan cetak. Sebenarnya hal ini udah berulang kali saya alami tapi saya berusaha mencari solusinya, dan pada akhirnya dengan bantuan Google masalah ini dapat teratasi. Nama software untuk mengatasi masalah itu adalah GSVIEW.
 Berikut ini akan saya berikan langkah-langkah untuk menggunakan software GSVIEW :
  1. Terlebih dahulu download dulu filenya melalui link yang akan saya berikan pada akhir artikel ini.
  2. Sebelum install GSVIEW , install  dahulu GS-Script di komputer anda. Kedua file ini ada di dalam folder yang akan anda download.. Tenang saja.... g904w32.exe (file GS-Script) dan gsv49w32.exe (file GS-View).
  3. Jika sudah semua, silahkan jalankan program GSVIEW .Pada deretan menu di toolbar, pilih “File” dan kemudian “Open” untuk membuka file pdf yang terproteksi .Setelah terbuka, Anda bisa langsung mencetak dengan pilih menu “File” dan pilih lagi “Print”.
  4. Jika anda menginginkan untuk menghilangkan semua proteksi pada file tersebut, pilih "File" lalu "Convert" kemudian pilih halaman yang anda inginkan pada "Pages" lalu "Ok". Selanjutnya "Save As" file pdf tersebut. 
  5. Akhirnya file pdf terproteksi (SECURE) tadi kini telah menjadi pdf biasa yang dapat di Copy, Print, dll

Berikut ini saya lampirkan link software GS VIEW tersebut....  

4 komentar:

  1. Balasan
    1. ASIKE.. IBU SAMA BAPAK SUDAH PADA MAIN BLOG DIE.. MANTAFF

      Hapus
  2. Work 100 on Win7..Very clear instruction. Great job, Man!..Thanks a lot.

    BalasHapus